Kenalan Dengan Kampus PNJ

Sumber Foto : Mamikos.com 


Politeknik Negeri Jakarta atau disingkat PNJ, merupakan kampus Politeknik yang sudah berdiri cukup lama. PNJ merupakan Kampus Non gelar (Vokasi) untuk menciptakan SDM yang profesional di Industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur.

Banyak yang tidak tahu tentang PNJ, padahal PNJ merupakan bagian dari perguruan tinggi negeri. Untuk kalian yang belum tahu PNJ atau yang ingin berkuliah perguruan tinggi negeri tapi bingung,  PNJ ini bisa jadi pilihan dan target kalian loh, untuk menuntut ilmu dan memndalami sesuai bidang yang kalian inginkan.

1. Terdiri dari 7 jurusan

PNJ Menyediakan 7 jurusan dengan lebih dari 20 Program studi yaitu, Teknik Mesin, Teknik Grafika dan Penerbitan, Akuntansi, Administrasi Niaga, Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Elektro dan Teknik Sipil. Dari 7 jurusan tersebut menyediakan program D3 sampai D4 (setara S1).

2. jalur masuk terpisah

Walaupun PNJ adalah Perguruan Tinggi negeri namun jalur masuk ke politeknik negeri berbeda dengan jalur masuk Universitas negeri. Dengan begitu kalian memilki banyak kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.  

Jika universitas negeri menyediakan jalur masuk SBMPTN dan SMNPTN, Politeknik negeri menyediakan jalur masuk  yang berbeda yaitu dengan nilai rapor yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Untuk mengetahui infonya kalian bisa membuka web politeknik yang diinginkan, salah satunya PNJ (www.pnj.ac.id).

3. banyak yang tidak tahu

Walaupun PNJ sudah berdiri sejak lama dan mengeluarkan banyak alumni, banyak orang awam yang tidak mengetahui nama PNJ bahkan lokasinya pun mereka tidak tahu. Sering terjadi anggapan bahwa PNJ adalah UNJ, padahal jauh berbeda. Kampus UNJ berada di Jalan. R.Mangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, sedangkan PNJ terletak di Jalan Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok.

4. Kampus di dalam kampus

Mungkin ini sebabnya, kebanyakan orang tidak tahu PNJ, karena gedung PNJ  berada di dalam kampus yang ternyata kampus itu lebih terkenal. PNJ terletak di dalam kawasan UI,  tepatnya dekat dengan Sarana Olahraga (SOR) UI arah Fakultas Ekonomi UI. Meskipun kampus tersebut punya 2 pintu masuk namun pintu utama berada di kawasan UI, sedangkan pintu kedua adalah pintu belakang ui yang hanya bisa dilalui motor di kawasan Kecamatan Beji, Kota Depok.

Untuk bisa menuju kampus PNJ, dapat di tempuh dengan kendaraan pribada menuju pintu utama UI. Jika menggunakan kereta api dapat turun di stasiun Pondok Cina dan meneruskannya menggunakan Bis Kuning (Bikun) atau Bis Politeknik (Bipol) dan berhenti di halte SOR.

 

5. Pernah Bergabung Dengan UI

PNJ berdiri sejak tahu 1982, namun sebelum  menjadi PNJ, kampus ini sempat menjadi bagian dari UI. Dilansir dari laman Wikipedia, dulu kampus ini bernama  Fakultas Non-Gelar Teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), lalu berubah menjadi Politeknik Universitas Indonesia (Poltek UI). Hal ini juga terbukti dengan bekas plang yang masih terpasang di halte Pondok Cina kawasan UI, Depok, plang tersebut merupakan petunjuk arah jalan dan masih tertulis Poltek UI.

Poltek UI diresmikan pada 20 September 1982, dan sejak 25 Agustus 1998 Poltek UI menjadi mandiri dan mengganti naman menjadi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

6. Bikun dan Bipol

Karena di kawan tersebut terdapat dua kampus, sehingga terdapat dua fasilitas transportasi yang berbeda, yaitu bus untuk para mahasiswa yang pergi ke kampus dengan berjalan kaki. Mahasiswa disana sering menyebutnya Bis Kuning (Bikun) dan Bis Politeknik (Bipol). Bikun ini adalah bus milik UI sedangkan Bipol adalah bus milik PNJ. Mahsiswa PNJ lebih suka menggunakan Bipol karena Bipol akan mengantarkannya sampai masuk ke jalan politeknik, sedangakn Bikun hanya mengantarkan sampai halte dan mereka harus berjalan kaki lagi sekitar 1 km untuk menuju Politeknik.

Mahasiswa sangat diuntungkan dengan Bipol ini karena dapat mengatar hingga masuk ke kawasan politeknik, namun sayangnya jumlah bus ini masih sedikit, untuk menunggunya dihalte pun cukup lama.

Setelah mengenal PNJ dan kawasannya mungkin dapat menjadi pilihan kamu yang ingin masuk perkuliahan. Sebagai pilihan untuk menjadi SDM yang professional di Linkungan Industri yang kalian inginkan.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Cantik Tanaman Variegata, Semakin Cacat Semakin Mempesona

Tren Kegiatan Warga Indonesia di Tengah Pandemi